Cara Pemasangan Saklar Tunggal dan Saklar Double

Kali ini saya ingin berbagi tips tentang listrik lagi yang dimana dibeberapa bulan saya tak memberikan tutorial tentang Listrik. kali ini saya bagikan cara memangsang atau pemasangan Saklar Tunggal dan Saklar Double. tentu saja buat anda yang sudah memiliki rumah tidak asing lagi dengan peralatan listrik yang satu ini. karena dengan fungsinya yang pasti digunakan untuk mengatur muatan litrik yang mengalir atau menyambung dan memutus aliran listrik tentu saklar ini sendiri harus atau wajib terpasang guna menghemat daya konsumsi listrik pada rumah tangga atau gedung.
kita ketahui juga kalau saklar ini banyak modelnya yang bisa kita ketahui dipasaran. ada yang dimodifikasi sampai beberapa deret, namun kali ini saya bagikan sebagai contoh mempermudah pemahaman saklar tunggal dan saklar ganda. untuk yang berderet banyak insyalloh prinsipnya sama silahkan aplikasikan sendiri. yang pertama saya jelaskan cara pemasangan saklar tunggal dulu.
giga watt
Cara Pemasangan Saklar Tunggal
lihat pada gambar saklar tunggal mempunyai dua terminal dimana terminal ini dimuati arus positif atau fasa. nah cara pemasangannya sebagai berikut sesuai warna yang sudah ditandai dalam gambar.
  • Warna Hitam adalah muatan arus positif menuju pada terminal satu (bisa dipasang dipinggir atau ditengah)
  • Warna Biru adalah muatan arus negatif yang langsung menuju pada bola lampu.
  • Warna Merah adalah muatan arus positif dimana bisa teraliri jika tombol ditekan.
nah sampai disini saya kira anda sudah paham bagaimana caranya memasang saklar tunggal.lajut ke pemasangan saklat ganda atau double. silahkan lihat gambar dibawah ini.
giga watt
Cara Pemasangan Saklar Double
disini pada prinsipnya sama hanya saja muatan positif pada terminal dihubungkan langsung ke dua terminal untuk detailnya saya jelaskan. 
  • Warna Hitam muatan arus positif masuk ke terminal satu langsung juga ke terminal dua biasa dikatakan oleh beberapa teknik listrik dikople.
  • Warna Biru muatan arus negatif langsung menuju ke bola lampu.
  • Warna Merah  muatan arus positif dimana bisa teraliri jika tombol ditekan.
nah dari kedua penjelasan diatas saya kira anda sudah paham. kalaupun belum paham silahkan komentar dibawah.lantas bagaimana caranya memasang saklar deret ada 34 atau bahkan 10? mudah sekali silahkan aplikasikan saja dari tutorial diatas.
saya kira artikel Cara Pemasangan Saklar Tunggal dan Saklar Double sudah saya bagikan dengan detail semoga bermanfaat buat anda. selamat mencoba semoga berhasil

0 komentar:

Poskan Komentar