Cara Memperbaiki Lampu Hemat Energi Sudah Mati

Tips ini saya tulis dan saya tujukan untuk sahabat saya yang tadi sore menanyakan bagaimana cara memperbaiki lampu hemat energi yang sudah mati, kayaknya topik ini sangat menarik untuk saya tulis dan pada kesempatan kali ini saya menulis tentang hal tersebut, sebenarnya sangat mudah sekali kita memperbaiki lampu hemat energi kalau hanya mengganti komponen-komponen elektronik saja namun jika komponen OT atau balance sudah putus maka akan sudah untuk mencarikan lagi, nah disini yang saya bahas bukan bermasalah tentang OT namun komponen yang lain seperti transistor, dioda dan resistor, ketiga komponen ini memang sering kali putus dan akibatnya lampu TL mati, putusnya ketiga komponen ini bisa di sebabkan karena suhu yang sangat panas atau bahkan ada terjadi konsleting pada rangkaian lampu.
Cara Memperbaiki Lampu Hemat Energi Sudah Mati-blog kang miftah
Peralatan yang harus sobat persiapkan untuk memperbaiki lampu hemat energi yaitu
  1. Obeng Min atau bisa juga menggunakan tespen, yang nantinya untuk membuka tutup antara TL dan isi komponen yang tertutup.
  2. Avo Meter atau Multi Meter alat yang satu ini berfungsi untuk mengecek kondisi dari pada komponen pada rangkaian listrik, baik itu untuk mengecek resistor, transistor dan dioda, untuk menggunakannya sobat bisa membaca di halaman mengenal avometer
  3. Solder dan timah, kedua alat ini berfungsi untuk merekatkan dan melepas komponen dari MCB pada rangkaian. untuk itu silahkan sediakan alat ini untuk memperbaiki lampu hemat energi.
  4. sediakan juga lampu bekas, lampu bekas ini berguna untuk di ambil komponennya jika memang lampu yang kita perbaiki membutuhkan komponen tersebut.
Setelah kita menyiapkan semua alat diatas langkah selanjutnya yaitu memperbaiki lampu hemat energi tersebut, untuk langkah ini  hal yang pertama kali adalah membuka atau mencongkel rangkaian lampu dan TL. usahakan tidak harus merusak TL, jadi sobat harus sedikit bersabar untuk hal ini. Setelah terbuka lihat pada komponen apakah masih baik atau ada yang rusak (hangus terbakar). biasanya yang rentan terbakar adalah resistor, dioda dan transistor untuk kondensator sendiri sangat jarang untuk putus, nah pada langkah selanjutnya sobat harus bisa untuk mengecek kondisi ini dengan teliti. berikut langkah yang harus sobat ambil:
  • Jika sobat melihat komponen dioda yang terbakar langkah yang tepat adalah dengan melepat dioda tersebut, kemudian ganti dengan dioda yang sama dari lampu bekas. kalau tidak ada bekas sobat bisa menggunakan dioda lainnya dengan melihat ukuran dioda pada badan dioda.
  • Jika yang rusak pada resistor katakanlah resistor terbakar langkah yang tepat adalah dengan melepas resistor tersebut dengan menggunakan solder, ganti dengan resistor baru atau resistor dari lampu bekas, yang harus sobat perhatikan adalah nilai resistor tersebut karena setiap resistor tidak mempunyai nilai saya, untuk itu lihat warna pada resistor dan ganti dengan warna yang sama, jika sobat menggunakan avo meter sobat dengan mudah mengetahui nilai resistor tersebut atau anda bisa menggunakan aplikasi android untuk hal ini silahkan buka halaman cara mengetahui nilai resistor dengan aplikasi android
  • Yang terakhir adalah mengganti transistor jika memang komponen sudah sobat ganti namun lampu tetap saja tidak mau nyala. untuk itu silahkan cek kondisi transistor, untuk cek kondisi transistor sobat harus lepas transistor dari MCB, kalau memang transistor sudah short maka transistor harus sobat ganti, kalau masih bingung cek transistor menggunakan AVOmeter sobat bisa buka halaman Cara cek kondisi transistor.
Itulah cara dan langkah yang tepat untuk memperbaiki lampu hemat energi yang sudah mati, jangan lupa jika memang semua komponen sudah sobat ganti dan tetap tidak bisa menyala besar kemungkinan OT pada komponen sudah mati, untuk itu ganti dengan OT dari lampu bekas, dan kalau memang tidak bisa juga berarti yang putus adalah TL, dan pada akhirnya jika TL memang sudah tidak berfungsi bisa di simpulkan kalau lampu tersebut sudah mati total.

2 komentar:

  1. Mksh atas infonya, singkat dan tepat

    BalasHapus
  2. Mau langsung praktek gan...trims

    BalasHapus