Cara Mengatasi Listrik Yang Tiba-tiba Mati

Saya ingin berbagi tips untuk sobat, bagaimana cara mengatasi listrik yang tiba-tiba mati? disini saya akan mengatakan bila listrik anda secara tiba-tiba mati bukan dari pusat tapi pada lingkup rumah sobat sendiri, kemungkinan kita akan panik kalau listrik mati. kendala ini banyak sebabnya kemungkinan kebanyakan beban atau mungkin terjadi kosleting listrik jadi untuk mengantisipasi dalam kondisi seperti ini janganlah panik dulu, kita cari tahu apa penyebabnya. sobat bisa mengatasi masalah ini tanpa harus mengundang atau memanggil teknik listrik, berikut ini cara mengatasi listrik padam tiba-tiba.
1. Lihat Lisrik Tetangga
Yang pertama harus anda lakukan untuk memeriksa apakah listrik padam dari pusat atau dari KWH meter, untuk yang satu ini anda bisa pergi ke tetangga anda apakah listrik padam dari pusat atau hanya di rumah sobat sendiri, cara ini hanya untuk memastikan saja.

2. Lihat KWH Meter.
Kedua lihat pada KWH meter apakah KWH masih menyala atau tidak, kalau masih nyala lampu indikator biasanya terlihat merah ini berarti arus listrik masih nyala kalau lampu mati berarti besar kemungkinan arus listrik dari pusat mati juga dan bisa juga keran kabel dari jaringan SR namun ini kecil sekali kemungkinannya.

3. Periksa Box MCB atau Sekreng
Ketiga jika tahap memastikan lampu indikator KWH meter masih nyala besar kemungkinan terputusnya kabel pada sekreng (patrun). untuk itu lihat pada sekreng, karena kebanyakan orang tidak melihat pada sekreng mereka lebih mengedepankan panik dahulu sebelum memeriksa, pada sekreng ada seutas kabel serabut kecil, pastikan kalau kabel tersebut tidak putus, jika kabel tersebut putus, sebaiknya ganti dengan kabel serabut (tidak disarankan mengganti kabel kawat atau tunggal dengan ukuran 1mm ke atas). setelah sobat mengganti kabel serabut tersebut selanjutnya pasang. kalau nyala berarti sudah benar cara yang sobat lakukan namun jika masih saja mati, atau tiba-tiba mati kemungkinan ada instalasi yang tidak beres, untuk hal ini periksa semua sambungan instalasi.
Bagaimana jika pada MCB? untuk MCB periksa apakah keadaan MCB pada 0 atau 1 kalau menunjukkan angka 0 berarti ada instalasi yang konslet, namun bila menunjukkan angka 1 kemungkinan pada instalasi. jadi harap periksa instalasi.

4. Cara Memeriksa Instalasi
Untuk memastikan bahwa instalasi rumah, tahap pertama putus sambungan instalasi akhir yang di kerjakan oleh PLN dari Instalasi yang sobat pasang sendiri, mungkin harus bersabar dalam tahap ini karena kemungkinan akan memakan waktu, tahap-tahap yang mungkin sobat lakukan adalah:
  • Jika listrik instalasi dari PLN nyala berarti letak kesalahannya pada instalasi sobat sendiri.
  • Jika Instalasi dari PLN tidak menyala kemungkinan besar langkah yang harus sobat lakukan adalah dengan memereiksa instalasi dari PLN, periksa T dos(atau terminal instalasi) di atas sekreng ini tahap awal karena saya sendiri sering menemui konslet pada listrik diakibatkan pada T dos(atau terminal instalasi) yang berada di atas sekreng. periksa sambungan semua kabel dan pastikan dengan benar cara penyambungannya.
  • Jika langkah-langkah sudah sobat pastikan coba nyalakan lagi kalau masih belum juga, yang terakhir sobat harus memeriksa semua instalasi, dan pastikan bahwa instalasi baik dan benar.
Demikian cara mengatasi listrik tiba-tiba padam. semua bisa sobat lakukan sendiri tanpa harus memanggil Teknik Listrik, namun harap berhati-hati karena sobat berurusan dengan stroom, untuk itu pastikan bahwa sobat sudah aman dari aliran stroom ketika memeriksa semua instalsi. dan satu lagi pergunakan alat listrik lengkap seperti test pen, obeng, tang kalau ada Multi Meter, alat-alat ini yang sering saya gunakan untuk memeriksa arus listrik dan instalasi listri pada rumah atau jaringan. semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar