Konten Berkualitas Menjadi Perhatian Google

Bicara tentang cara bagaimana website atau blog kita bisa ramah dan di senangi oleh google? tentu saja kembli kepada teknik SEO dan beberapa unsur lainnya, untuk sekarang ini google bukan lagi memperhatikan tentang backlink yang tinggi, namun melihat dari konten berkualitas dan teknik seo yang anda gunakan. teknik seo ini bermacam-macam mulai dari teknik seo on page dan seo off page. dan unsur inilah yang nantinya website anda akan ramah dan di sukai oleh google.

Algoritma google selalu berubah dan kita tidak tahu kapan itu waktunya karena google sendiri tidak pernah mengatakan kepada kita bahwa algoritma-nya sudah berubah. yang perlu kita ketahui dan pahami algoritma itu di luncurkan untuk apa dan efeknya untuk apa? ini yang terkadang belum banyak di ketahui oleh pemilik blog terutama bagi mereka pemula yang belum tahu betul bagaimana menghadapi semua algoritma google. beberapa algoritma google yang paling populer dan mungkin sering kali kita mendengar yaitu algoritma panda, algoritma pinguin dan algoritma hummingbird (diciptakan google tahun 2013). ketiga algoritma ini bekerja sesuai dengan bidang msing-masing, namun informasi yang di tangkap oleh banyak blogger adalah silih berganti bukan bidang masing-masing, untuk itu lebih baik pahami dulu algoritma ini sebelum kita membangun SEO. secara singkat algoritma ini bekerja untuk:
  1. Algoritma Panda: algoritma ini bekerja untuk melihat kualitas konten pada website atau blog. dan mengukur semua konten apakah hanya bertujuan untuk mesin pencari atau hanya untuk pengunjung. jika untuk mesin pencari biasanya efek dari panda kemungkinan besar konten tersebut akan hilan dari serp. dan imbasnya lagi akan di hapus dari pencarian. melihat efek ini mungkin kita sudah bisa menebak kalau panda hanya mengukur konten kita. jadi jika kita masih membuat artikel hanya untuk mesin pencari kemungkinan besar akan hilang dan konten yang bertujuan untuk informasi pengunjung akan meningkatkan traffic yang jauh lebih baik.
  2. Algoritma Pinguin: selanjutnya algoritma pinguin yang sudah terbukti sangat efektif untuk mengoncangkan dan mencekal backlink spam. tugas dari pinguin sendiri sebenarnya mengintai semua backlink dari situs atau blog. semua backlink yang tidak wajar alias spam akan masuk pada blacklist google pada akhirnya blog tersebut akan menghilang dari serp dan eronisnya akan masuk pada google sandbox. memang backlink sangat di butuhkan untuk mengukur authoritas web namun jika backlink tersebut di lakukan hanya menyepam tentunya kita sudah tahu bahwa hal-hal ini merupakan usaha dari memanipulasi google dan mesin pencari lainnya. ini sebenarnya kerja dari google pinguin.
  3. Algoritma Hummingbird: algoritma terbaru dari google ini sempat membuat kebingungan pada pemilik blog pada tahun lalu, efek yang di terimanya sangat banyak sekali bahkan algoritma ini sempat menjadi perguncingan di kalangan SEO. tujuan dari algoritma ini adalah untuk lebih memahami pencarian baik dengan suara atau huruf. dan jelas sekali bahwa google ini membuat hasil pencarian sangat relevan dan tidak menipu para pengguna internet. itulah sebenarnya tujuan dari hummingbird.
Dari ketiga algoritma ini sudah kita pahami dan kita ambil semua intinya bahwa google sekarang ini ingin lebih baik lagi dan sebagai ukuran untuk semua situs  adalah tentang Konten berkualitas. (untuk membaca tentang algoritma google baca tujuan dari pinguin,panda dan hummingbird) sebab tanpa adanya konten berkualitas tentu saja akan sulit bersaing untuk mendapatkan posisi serp yang lebih baik. strategi apa yang harus kita terapkan untuk membuat konten berkualitas? berikut ini caranya:
  1. Prediksi Keyword : penggunaan keyword yang tepat akan membuat konten anda menjadi perhitungan untuk google, karena konten berkualitas kaya dengan informasi dan google sendiri lebih memahami dari apa yang kita tidak tahu, untuk itu konten masih menjadi raja, dan keyword adalah hal yang sangat penting untuk itu jangan sampai menyebarkan keyword terlalu banyak karena google tdak menyukai hal ini dan besar kemungkinan kalau keyword yang kita tekan akan terkesan di paksakan. kurangi atribut bold, underline dan italic semua itu sudah tidak pelu cukup kita tulis biasa saja karena google sendiri sudah menghitung keyword pada artikel yang kita tulis.
  2. Ciptakan Konten Informatif dan Detail: yang kedua untuk membuat konten berkualitas adalah dengan membuat konten informatif dan detail maksudnya buatlah konten yang membahas tentang pemecahan masalah secara detail dan juga informasi yang bermanfaat untuk pengunjung. dengan begitu konten yang kita buat akan menjadi perhatian google.
  3. Perbanyak Artikel Pilar: yang satu ini mempunyai multi fungsi karena dengan artikel pilar akan membuat kokoh pondasi website kita karena artikel pilar sendiri di ciptakan sangat natural dan pembahasannya pun sangat mendalam jadi otomatis google sendiri sangat memperhatikan hal ini.
Demikian tentang konten berkualitas menjadi Perhatian Google, satu lagi yang perlu kita lakukan adalah jangan pernah membuat backlink untuk postingan di papan komentar jika ini kamu lakukan maka akan mendapatkan pinalti google.

3 komentar:

  1. wow... panjang penjelasannya , mantab, jadi tau algoritmanya google dan fungsi2 nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas raffa sudah berkunjung di blog saya ini. itu hanya pengetahuan saya saja...

      Hapus
  2. KONTES SEO INDOTOPHOSTING KE 2 ( 25 September - 29 Desember 2014 )

    Hadiah yang kami berikan 2.5juta Dengan Rincian :

    Juara 1 : Rp 1.000.000
    Juara 2 : Rp 750.000
    Juara 3 : Rp 500.000
    Juara 4 : Rp 100.000
    Juara 5 : Rp 100.000
    Juara 6 - 10 : Rp 50.000

    Info Selengkapnya : http://www.indotophosting.net

    BalasHapus